. Variasi Permainan dan Simulasi Outbound | Let's Play OUTBOUND ! Battlefield Heroes

Rabu, 30 Mei 2012

Variasi Permainan dan Simulasi Outbound

TRUST FALL



 Permainan :
Pada permainan ini peserta secara bergantian akan bergantian akan menjatuhkan diri ke belakang dari sebuah platform yang tersedia dan rekan-rekan yang lain menangkapnya di bawah.
Aturan Main :
  • Yang Jatuh adalah mereka yang akan menerima aba-aba untuk menjatuhkan dirinya ke belakang dari Fasilitator.
  • Yang Menangkap adalah mereka yang menangkap Yang Jatuh.
  • Peserta yang akan menjatuhkan diri harus menanggalkan jam tangan, cincin atau kacamatanya terlebih dahulu.
  • Peserta yang menjatuhkan dirinya harus berdiri tegak dan kaku. Kedua tangan di samping badan atau terlipat di dada sambil memegang pundak. Berdiri membelakangi rekan-rekan yang akan menangkap.
  • Ketika menjatuhkan diri ke belakang, peserta dilarang membuka tangannya sehingga tidak memukul rekan yang menangkap di bawah.
  • Peserta yang menangkap membentuk dua barisan rapat, yang saling berdiri berhadapan dengan jumlah anggota barisan yang sama serta bahu saling bersinggungan dengan rekan sebaris. Masing-masing barisan membentuk bantalan mendarat yang kuat dan lentur dengan cara merentangkan tangan ke depan sejajar dengan bahu dengan telapak tangan menghadap ke atas, dan masing-masing tangan direntangkan berselang-seling dengan rekan pada barisan di depan.
  • Peserta yang menangkap dilarang mengepalkan tangan ketika menangkap.
X - Y Games
Permainan :
Setiap kelompok mewakili sebuah divisi dalam perusahaan. Tujuan kelompok adalah memaksimalkan keuntungan (profit) divisi.
Aturan Permainan
  • ke 4 kelompok dipisahkan dari yang lain dan tidak diperbolehkan berkomunikasi sepanjang permainan
  • permainan dijalankan dalam beberapa putaran. Untuk Setiap putaran divisi harus memilih “X” atau “Y”. dilarang melanjutkan putaran sebelum semua divisi menentukan pilihannya
  • dalam tiap putaran , tiap divisi akan untung atau rugi berdasarkan kombinasi dari pilihan –pilihan tiap divisi (lihat profit/loss scoring table)
  • keunttungan dan kerugian akan dikumulasi. Catatan : pada putaran ke 5, nilai akan dikalikan 3 dan pada putaran 8 dikalikan 5, dan di putaran 10 dikalikan 10.
  • keputusan divisi memilih X atau Y didasarkan pada kesepakatan semua anggota divisi
  • tiapa anggota kelompok harus memilih
  • gunakan aturan suara mayoritas
  • saat divisi sudah memilih, beritahu kepada fasilitator pilihan tersebut. Jika semua divisi sudah menentukan pilihan, wakil kelompok maju ke tempat yang ditentukan untuk kemudian menunjukkan pilihan divisi mereka masing-masing.
  • lihat kombinasi pilihan yang ada, masukan skor. Lanjutkan ke putaran berikutnya
  • waktu tiap putaran hanya kurang lebih 2 minutes.

TOXIC WASTE


Permainan :
Tim harus memindahkan cairan beracun dari satu container ke container yang lain.
Aturan Main :
  • Peserta tidak boleh berbicara satu sama lain.
  • Alat bantu yang dapat digunakan hanya berupa tali-tali yang tersedia.
  • Tidak boleh memasuki area radiasi, bila ada seorang peserta yang menginjak maka permainan harus diulang dari awal lagi.
  • Cairan tidak boleh tumpah, apabila tumpah permainan diulang dari awal.
  • Dianggap selesai bila tali-tali yang dipergunakan kembali keluar lingkaran.
Tipe : Strategic Game
Target : team work dalam mencapai target, inovasi-kreativitas , disiplin

SPIDER WEB

Permainan :
Seluruh peserta harus berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain melalui sebuah jaring laba-laba raksasa dengan dibantu rekan yang lain.
Aturan Main :
  • Tidak boleh melalui lobang yang sudah pernah dilalui.
  • Badan dan pakaian tidak boleh menyentuh tali, tiang atau pohon tempat tali diikat.
  • Tidak boleh melakukan lompatan.
Tipe : Strategic Game
Target : team work dalam mencapai target, inovasi-kreativitas , disiplin

BLIND LEADER
Tujuan permainan ini adalah untuk melatih keseimbangan otak. Langkah yang harus dilakukan oleh peserta adalah tiap-tiap peserta dalam kelompok diminta berjalan dengan mata tertutup (kecuali ketua kelompok) mengikuti jalur yang sudah dibuat. Dengan arahan ketua kelompok yang berjalan paling belakang, peserta berjalan mengikuti jalur tanpa menyentuh pembatas. Kelompok yang pertama memasuki garis finish ditetapkan sebagai pemenang. Pemaknaan dalam permainan ini adalah bagaimana kelompok mengatur strategi dan melatih kedisiplinan serta kerjasama kelompok.

PIPA BOCOR

 
Tujuan permainan ini adalah mengatasi berbagai masalah.
Alat bantu dalam permainan ini meliputi pipa bocor, penyangga, ember, gelas aqua, bola pimpong.
Prosedur dalam permainan ini adalah :
  1. Masing-masing kelompok diminta berlomba mengeluarkan bola pimpong yang ada dalam pipa bocor dengan menggunakan air.
  2. Cara menuangkan air ke dalam pipa hanya boleh menggunakan gelas aqua yang telah disediakan dengan waktu yang telah ditentukan
Pemaknaan dalam permainan ini adalah kerjasama kelompok, strategi menyelesaikan masalah dan kepemimpinan.

EVAKUASI BAMBU


Tujuan permainan ini adalah melatih kerjasama yang komunikatif.
Alat bantu yang digunakan adalah bambu, air, tali dan bola pimpong
Prosedur dalam permainan ini adalah :
  1. Tiap kelompok berlomba mengeluarkan bola dari dalam bambu dengan cara menuangkan air ke dalam bambu.
  2. Cara menuangkannya, bambu yang berisi air hanya boleh diangkat dengan menggunakan tali yang telah disediakan
  3. Saat melakukan evakuasi, anggota badan tidak boleh melewati batas aman dari daerah yang telah ditentukan
Pemaknaan dalam permainan ini adalah :
  1. Bagaimana langkah peserta dalam melaksanakan tugas ini
  2. Strategi apa saja yang peserta gunakan untuk menyelesaikan tugas ?
  3. Mampukan mereka bekerjasama dengan baik ?
  4. Siapakah yang mampu memimpin dan berkomunikasi dengan baik ?
FLYING FOX

Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan permainan ini adalah carmentel, sling baja, carabiner, harnes, pulley, helm, dan perlatan pendukung lainnya. Cara mainnya sederhana, setiap peserta training outbound disuruh untuk meluncur dari ketinggian melalui tali/sling yang telah disediakan.
Tujuan dari permainan ini adalah melatih peserta untuk cepat dalam mengambil keputusan, melatih keberanian, mengubah pola pikir, dan memberi pengalaman baru pada peserta outbound.

MEMBALIK KARPET


Alat bantu sebuah karpet, atau terpal plastik, atau kain berukuran sesuai dengan jumlah peserta.
Aturan main :
  • Seluruh peserta diminta naik ke atas karpet.
  • Setelah aba-aba dimulai, mereka harus dapat membalik karpet tersebut.
  •  Kelompok harus bekerja sama dalam menemukan cara, kemudian membalik karpet tersebut.
Target yang ingin dicapai dalam permainan ini adalah kelompok yang paling cepat membalik karpet dianggap sebagai pemenangnya. Larangan dalam permainan ini adalah peserta yang berada di atas karpet tersebut tidak boleh turun ataupun menyentuh tanah.

HUMAN LADDER

Peserta berpsangan berhadap-hadapan dengan berdiri sejajar. Setiap pasangan memegang kayu berukuran 1-1,5 m, dan berdiri berjajar membuat posisi seperti anak tangga. Ketinggian anak tangga bervariasi. Peserta outbound menaiki anak tangga yang dipegang oleh temannya. Peserta yang telah dilewati hendaknya maju untuk membuat anak tangga berikutnya. 
Titik pengajaran dari permainan ini adalah memupuk rasa percaya diri kepada orang lain, tanggung jawab, kepasrahan, dan menjadi peserta aktif.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top